Senin, 21 Mei 2012

Apa itu Deadlock, Perbedaan Race dan Necessary Conditions

  Agus Nur Ikhsan       Senin, 21 Mei 2012

Nama : Agus Nur Ikhsan
NIM : 10018108

1.    1.   Terjadinya Deadlock ketika banyak proses yang membagi sebuah resource yang hanya boleh dirubah oleh satu proses saja dalam satu waktu.
2.     2.   Perbedaaan antara Race Condition dan Necessary conditions yaitu
·         Race condition adalah situasi dimana terdapat beberapa proses mengakses dan memanipulasi data yang sama secara bersamaan. Nilai data bergantung dari proses mana yang selesai terakhir. Hal ini akan menyebabkan nilai data menjadi tidak benar, jika tidak terdapat mekanisme untuk mensinkronisasikan data tersebut kepada proses-proses yang menggunakannya. Sebagai contoh, perhatikanlah sebuah print spooler. Ketika sebuah proses ingin mencetak sebuah berkas, proses tersebut memasukkan nama berkas ke dalam sebuah spooler direktori.

·         Necessary conditions adalah syarat-syarat perlu terjadinya deadlock yang Mutual Eksklusif (Mutual Exclusion): hanya ada satu proses yang boleh memakai sumber daya, dan proses lain yang ingin memakai sumber daya tersebut harus menunggu hingga sumber daya tadi dilepaskan atau tidak ada proses yang memakai sumber daya tersebut.  Memegang dan menunggu (Hold and Wait): proses yang sedang memakai sumber daya boleh meminta sumber daya lagi maksudnya menunggu hingga benar-benar sumber daya yang diminta tidak dipakai oleh proses lain, hal ini bisa menyebabkan kelaparan sumber daya sebab bisa saja sebuah proses tidak mendapat sumber daya dalam waktu yang lama

3.    3.  Instal Linux  Penjelasannya
Saya pakai Linux Ubuntu Saibly 10.10

Cara Instalnya Pertama kita membutuhkan Sofware/ISO Linux yang akan kita mau install, kalau sudah dapat Sofware/ISO linux kita tinggal install saja.  Dan Ini pada waktu memilih bahasa yang akan kita gunakan, setelah pilih lalu lanjut.


Ini Pada saat pengecekan dan pemberitahukan dari linux, mengenai info berapa besar tempat yang dii perlukan dan kita pakai daya listrik tinggi atau tidak lalau terhubung internet atau tidak. Kalau tidak terhubung internet akan berwarnah merah seperti di bawah ini.


Ini pada saat mau akan memasuki pembangian partisi, yang atas itu kita istal perdampingan dengan ISO yang sudah ada yaitu windows. Biasa kita partisi sendiri ya di bawah sendiri untuk membuat swap atau tempat linux itu akan di install. Pilih mana lalu lanjut. “ kalau q yang bawah”






Ini pada waktu mau memilih tempat intal linux, kalau sudah ada tempat untuk linux ya tinggal install saja. Seperti punya q sudah tu. Kalau belum kita buat.



Ini dia tampilan setelah selesai di install Linux Sabily 10.10
Pada instalan pertama itu Gnome 2 dan setelah di ubah ke Gnome 3 seperti itu. Bagus sekali intalannya.










Ini dia tgl Linux saya di install dengan cara

sudo apt-get update
sudo apt-get install procinfo

Jika anda menggunakan CentOS, RHEL, Fedora, atau Redhat gunakan perintah berikut :
yum install procinfo

Setelah selesai terinstall, jalankan procinfo dengan mengetikkan
Procinfo


info lebih lengkap silahkan buka manual page dari procinfo dengan mengetikkan
man procinfo

Dan untuk melihat tanggal install
Sudo more /var/log/intstaller/syslog

hasilnya statistik seperti gambar berikut :





logoblog

Thanks for reading Apa itu Deadlock, Perbedaan Race dan Necessary Conditions

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar